Rabu, 21 Oktober 2009

DESKRIPSI BLOG "TEENAGERS FOR NATION"

Tepat pada hari kamis tanggal 22 Oktober 2009. Kami teamwork dari SMAN 1 Kraksaan telah menyelesaikan pembuatan web yang bertema "Pemuda dan Bangsa" dan kami beri judul yaitu "Teenagers For Nation".
Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas dan mendeskripsikan tentang alasan mengapa kami membuat web ini beserta containt-nya.
Tema "Pemuda dan bangsa" merupakan tema yang telah ditentukan oleh panitia lomba UIN Malang sehingga kami harus membuat web tersebut sesuai dengan tema yang telah ditetapkan."Teenagers for Nation" adalah judul web yang kami buat ini. Arti dari kata tersebut yaitu "Pemuda untuk Bangsa", yang bermakna bahwa seluruh pemuda di suatu bangsa siap mengabdi dan membela tanah air, khususnya di Indonesia ini.
Pembuatan web ini bertujuan untuk memenuhi kriteria penilaian lomba web di UIN Malang dan untuk memberikan sekilas pengetahuan kepada masyarakat khususnya para pemuda yang menjadi penentu hancur dan tegaknya suatu bangsa menghadapi era globalisasi dewasa ini.
Kami berharap, melalui web ini dapat menambah pengetahuan kepada semua orang dalam hal ini visitor terutama para pemuda Indonesia, agar dapat menyikapi kehidupan berbangsa dan bernegara sebagaiamana yang diharapkan para pendiri bangsa kita atas perjuangannya di masa silam melawan penjajahan.
Design header kami buat sesuai dengan tema yaitu terdiri dari gambar para pahlawan yang pantang menyerah dalam membela negara Indonesia sehingga mencapai kemerdekaan yang diharapkan dan bersebelahan dengan gambar tersebut sengaja kami mengambil objek siswa-siswi SMA Negeri I Kraksaan yang sedang mengibarkan sang saka mnerah putih. Merupakan perwujudan dari pengimplementasian pemuda pemudi bangsa akan rasa cinta tanah, penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pahlawan-pahlwan bangsa yang telah gugur demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Selain 2 objek tersebut, terdapat pula gambar peta Indonesia yang di ujung kanan kanan header dilengkapi Burung Garuda Pancasila, tak lain alasan kami adalah Tanah air Indonesia yang satu dipersatukan dibawah Pancasila
Alur website ini mengarahkan kepada pemuda dan bangsa sehingga dari isi, dan keseluruhan tampilan web ini mencakup tentang bagaimana pemuda-pemudi diakitkan terhadap masalah berbangsa dan bernegara. Dan tentu pula kami sertai dengan saran yang dapat kami berikan.
Kami postingkan berbagai macam artikel mengenai pemuda dan bangsa di main wrapper dari latar belakang, peran pemuda untuk bangsa dilihat dari bidang ekonomi, politik, pendidikan, kebudayaan dan sebagainya serta awal berkobarnya semangat pemuda bermula dari terselenggarakannya sumpah pemuda.
Leftside bar kami susun urut mulai dari yang teratas; google search, aticle labels, archieves, guest book, dan links.
“Google search” kami letakkan paling atas agar pengunjung dapat langsung browsing mengenai containt blog tanpa harus keluar atau melalui tab baru. “Article labels” kami susun sesuai tema agar pengunjung mudah dalam memilah-milah artikel. Pengunjung dapat pula mengisi buku tamu baik untuk komentar ataupun sekedar ucap salam kenal bisa mengisi di “guest book”. Dengan harapan kami dan pengunjung saling dapat saling berhubungan secara lebih komunikatif. Kami juga memfasilitasi visitors untuk dapat berkunjung ke situs-situs kami yang lain, silahkan klik “link” yang telah kami siapkan. Rightside bar dari tersusun dari atas yaitu; about us, clock, calendar, visitors, contact person, slide dan tampilan image.
“About us” kami letakkan di paling atas mengenai identitas kami/sekolah kami. Setelah about us, tampak di bawahnya “clock dan calendar” secara berurutan. Seperti yang kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari, unsur jam dan kalender sering tidak terpisahkan. Dalam percakapan sehari-hari ketika orang menanyakan kapan suatu acara dilangsungkan, yang ditanya akan menjawab lengkap tanggal dan jamnya. Seperti itulah alasan kami meletakkan clock dan calendar secara berurutan.
Untuk menampilkan berapa banyak pengunjung yang telah mengunjungi website kami, kami lengkapi weblog kami dengan “flagcounters”. Selanjutnya di bawah flagcounters kami letakkan “Contact Person” supaya antara kami dan pengunjung dapat saling berkomunikasi dengan mudah, chattting melalui Yahoo Massenger.
Untuk mempercantik dan membuat halaman weblog kami lebih hidup, kami lengkapi halaman weblog kami dengan “tayangan slide dan tampilan gambar”. Tentunya tidak sembarang slide dan gambar. Slide kami buat secara original mengambil objek foto-foto pilihan siswa SMA Negeri I kraksaan. Tayangan gambar untuk menggugah para pengunjung untuk jangan sekali-kali menyentuh narkoba. Dan gambar yang lain yaitu peduli aids, hal itu perwujudan solidaritas kita sebagai sesama generasi bangsa untukk tidak mendiskriminan mereka yang menderita aids. Kami sangat suka bersahabat, untuk menambah teman dalam blog ini kami juga menyediakan "followers". Dengan maksud pengunjung dapat bergabung atau menjadi pengikut dalam blog kami ini, selain itu sewaktu-waktu kita dapat share satu sama lain. Saling mengunjungi webblog dan dari sanalah proses belajar pun dapat terjadi melalui penemuan hal-hal baru yang belum kita dapati sebelumnya.
Pada akhir halaman / footer wrapper kami meletakkan tayangan slide, kami pasang 3 tayangan slide. Slide yang kami pasang orisinil berisi gambar-gambar terpilih SMA Negeri I Kraksaan, misalnya siswa-siswi SMA yang terpilih menjadi PASKIBRAKA.
Alhamdulillah, kurang lebih seperti itulah deskripsi weblog kami. Kami menyadari kami adalah hambaNya yang jauh dari kesempurnaan. Semoga hasil karya kami ini bermanfaat. Amiiinn…….

0 komentar:

:10 :11 :12 :13
:14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21
:22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29
:30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37
:38 :39 :40 :41
:42 :43 :44 :45

Posting Komentar

 

©2009 . | by SMAN 1 Kraksaan